Cloud Computing Indonesia
Government 4.0: An "Always-on" World Facing "Always-evolving" Cybersecurity Threats Kamis, 19 November 2020, 13.00 - 15.00 WIB
Government 4.0: An "Always-on" World Facing "Always-evolving" Cybersecurity Threats Kamis, 19 November 2020, 13.00 - 15.00 WIB

Teknologi

Pada tanggal 4 April 2018 Presiden Jokowi telah meluncurkan peta jalan dan strategi Indonesia untuk menerapkan revolusi industri jilid 4. Peta yang diberi nama Making Indonesia 4.0 itu memberikan arah bagi pergerakan industri nasional di masa depan. Presiden Jokowi menuturkan, pemerintah perlu arahan untuk mengantisipasi revolusi industri, yang saat ini tengah berjalan karena dampaknya yang begitu besar. Presiden Jokowi menjadikan peta jalan Making Indonesia 4.0 itu sebagai salah satu agenda nasional Indonesia.

Implementasi dari agenda nasional tersebut akan mendorong transformasi digital di pemerintahan dan juga penggunaan teknologi, khususnya teknologi pendukung Industri 4.0 seperti Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Internet of Things, Cybersecurity dsbnya. Diharapkan dari implementasi teknologi tersebut, layanan pemerintahan bisa berjalan lebih efektif dan efisien sehingga bisa meningkatkan kepuasan masyarakat.

Transformasi digital lebih luas dari hanya merubah layanan menjadi online namun bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga menghasilkan perubahan proses bisnis dan mampu menciptakan nilai yang memberikan kepuasan kepada pengguna layanan. United Nations (UN) melalui E-Government Survey 2020 telah merilis tingkat adopsi sistem e-goverment yang dilakukan berbagai negara. Dalam laporan tersebut, Indonesia masuk dalam jajaran dengan tingkat implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada peringkat ke-88 dari 193 negara.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa digitalisasi dalam memberikan pelayanan masih perlu untuk lebih ditingkatkan dan menjadi hal yang penting. Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) telah menjadi perhatian seluruh negara. Indonesia juga masih tertinggal apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Indeks SPBE ini diukur dengan memperhatikan beberapa komponen yaitu cakupan dan kualitas layanan pemerintahan digital, status perkembangan infrastruktur digital dan kecakapan sumber daya manusia dalam mengoperasikan layanan e-goverment.

Pada sesi workshop An "Always-on" World Facing "Always-evolving" Cybersecurity Threats ini akan dibahas bagaimana solusi keamanan untuk perusahaan & agensi modern.




Share With Friends