Cloud Computing Indonesia
Membangun Sumber Daya Manusia Keamanan Siber Rabu, 20 Januari 2021, 13.00 - 16.00 WIB
Membangun Sumber Daya Manusia Keamanan Siber Rabu, 20 Januari 2021, 13.00 - 16.00 WIB

  Pembicara


Teknologi

Keamanan siber telah menjadi isu prioritas seluruh negara di dunia semenjak teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam aspek sosial, ekonomi, hukum, organisasi, kesehatan, pendidikan, budaya, pemerintahan, keamanan, pertahanan, dan lain sebagainya. Berbanding lurus dengan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, tingkat risiko dan ancaman penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi juga semakin tinggi dan semakin kompleks.

Kompleksitas tersebut semakin meningkat sejak akhir tahun 2019, dimana dunia disibukkan dengan merebaknya kasus Corona Virus yang kemudian disebut sebagai COVID-19. Semenjak saat itu terjadi akselerasi transformasi digital yang sangat cepat. Dengan adanya pembatasan sosial yang mengurangi pertemuan fisik maka pertemuan secara virtual (digital), bekerja dan bersekolah secara digital menjadi hal yang lumrah. Hal ini tentu saja mempunyai implikasi besar mengenai seberapa siap organisasi menyiapkan infrastruktur keamanan sibernya.

COVID-19 telah mempercepat tren bekerja dari rumah yang sudah berlangsung dengan baik pada tahun 2019. Kebijakan keamanan tradisional dalam perimeter organisasi menjadi jauh lebih sulit untuk diterapkan di seluruh jaringan yang lebih luas yang terdiri dari jaringan rumah dan pribadi lainnya serta aset yang tidak dikelola di jalur konektivitas. Saat organisasi terus memindahkan aplikasi ke layanan Cloud Computing, terlihat penjahat dunia maya meningkatkan serangan Distributed Denial of Service (DDoS) untuk mengganggu akses pengguna dan bahkan mengaburkan infiltrasi yang lebih berbahaya pada sumber daya organisasi.

Menyikapi fenomena tersebut, maka literasi keamanan digital perlu terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan siber strategis dan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, andal dan terpercaya, memajukan dan menumbuhkan ekonomi digital dengan meningkatkan daya saing dan inovasi siber, serta membangun kesadaran dan kepekaan terhadap ketahanan dan keamanan nasional dalam ruang siber.

Tujuan dan Sasaran

Adapan tujuan dari pelaksanaan acara CyberHub Fest 2021 ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan literasi keamanan siber pada lembaga pemerintah, perusahaan negara, perusahaan swasta dan masyarakat umum.
  2. Mempromosikan pentingnya keamanan siber dalam proses transformasi digital.
  3. Mendorong implementasi keamanan siber sebagai fondasi layanan digital.
  4. Mempromosikan berbagai produk atau layanan keamanan siber yang ada di Indonesia.
  5. Mengenalkan CyberHub sebagai platform untuk mendukung ekosistem Cyber Security di Indonesia.



Share With Friends